Akhiri Masa Jabatan DPR, SAH Prioritaskan untuk Mengawal Pengangkatan Guru Honorer

0

Seru Jambi – Menjelang akhir masa jabatan DPR RI periode 2014 – 2019, Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) mengaku akan mengawal rencana pemerintah mengangkat 250 ribu guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara.

“Insya Allah di akhir periode dewan 2014 – 2019 ini saya akan fokus mengawal pengangkatan guru honorer se Indonesia,” ungkap SAH ketika menjelaskan rencana kinerja akhir jabatan DPR RI (26/4) kemarin di Jambi.

Menurut legislator yang diprediksi akan kembali duduk sebagai Anggota DPR RI tersebut prioritas untuk mengawal pengangkatan guru menjadi ASN tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan guru, melainkan juga dapat meningkatkan mutu guru yang selanjutnya meningkatkan mutu pendidikan.

“Honorer bila menjadi ASN maka guru dapat mengikuti sertifikasi yang diselenggarakan pemerintah. Mengangkat itu misalnya dibayar pakai APBD, boleh. Dengan begitu, kemungkinan bisa ikut serifikasi. Mereka punya kesempatan juga,” ungkapnya. ”

Sebenarnya menurut SAH, berdasarkan UU Guru dan Dosen, pemerintah daerah bisa mengangkat guru, bila suatu daerah kekurangan guru. Aturan yang membatasi pemerintah daerah melakukan rekrutmen secara umum, semestinya tidak berlaku pada guru, karena mengacu pada UU Guru dan Dosen.

“Para Guru honorer ini boleh diangkat jika terjadi kekurangan guru,” tegasnya.

Dalam konteks ini SAH menyatakan berdasarkan data pemerintah, Indonesia kekurangan ratusan ribu guru dan semuanya itu diisi oleh tenaga honorer. SAH bercerita dirinya pernah melakukan kunjungan di Nusa Tenggara, dalam satu sekolah di sana, hanya satu orang yang ASN, yaitu kepala sekolah, sedangkan tenaga pendidik lainnya adalah honorer.

“Guru honor itu dibayar pakai BOS, hanya 15 persen. Kita bicara mutu, kualitas, tapi kondisi kekurangan guru memprihatinkan, makanya solusinya kita mendesak pemerintah untuk mengangkat guru honorer ini menjadi ASN secepat mungkin,” pungkasnya. (esa)

Loading Facebook Comments ...
loading...