Bahasa Daerah Bisa Bantu Bahasa Indonesia

0
Kepala kantor bahasa Provinsi Jambi, Saiful
Kepala kantor bahasa Provinsi Jambi, Saiful. Foto: Muslim/Serujambi.com

Seru Jambi, Jambi – Semakin besarnya pengaruh globalisasi di zaman sekarang, ternyata berdampak buruk pada bahasa daerah, khususnya di Provinsi Jambi. Masuknya bahasa asing sebagai budaya modern, kian membuat bahasa daerah. terkikis. Padahal, sejatinya bahasa daerah sangat membantu bahasa Indonesia.

BACA JUGA: Usai Bersetubuh, Idayati Dipukul dan Dilempar ke Sungai

Seperti yang dikatakan kepala kantor bahasa Provinsi Jambi, Saiful. Ia menyebutkan bahwa bahasa daerah malah bisa membantu menimbulkan kosakata bahasa Indonesia yang baru. Hal ini lebih baik perannya dibandingkan bahasa asing.

“Jadi adanya bahasa daerah , malah memperkaya bahasa Indonesia itu sendiri. Terutama sukukata yang definisi dan konsepnya belum ada di bahasa Indonesia, bisa kita usulkan kata tersebut tersebut menjadi bahasa Indonesia,” kata Saiful, kepada Seru Jambi.

Lebih lanjut, Ia mencontohkan salah satu kata bahasa melayu Jambi yang membantu bahasa Indonesia ialah seperti “Menapo”.

BACA JUGA: Pekerja Salon Tewas Usai Pesta Alkohol 70 Persen Campur Sprite

“Kalau dalam ilmu Arkeologi itu terdapat kata reruntuhan candi. Akan tetapi, istilah reruntuhan candi itu belum termasuk dalam kamus bahasa indonesia. Namun, timbulnya bahasa melayu dari Kabupaten Muarojambi dengan istilah. “Menapo” malah itu yang di angkat menjadi bahasa Indonesia,” tandasnya. (lim/iis)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: