Bangunan Pamsimas Desa Sungai Puar Terbengkelai

0
Bangunan Pamsimas Desa Sungai Puar

Seru Jambi, Muarabulian – Pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Desa Sungai Puar, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari yang dibangun pada tahun 2018 lalu hingga saat ini dampaknya belum dirasakan oleh masyarakat.

Padahal masyarakat sekitar terutama masyarakat yang berada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) dan warga yang tidak memiliki sumur sangat membutuhkan air bersih untuk kebutuhan pokok sehari-hari.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Samsu Bahri, salah warga Desa Sungai Puar mengatakan, Pembangunan Pamsimas ini sudah masuk sampai batas akhir waktu pengerjaan.

“Pengerjaannya sampai akhir Maret kemarin, tapi hingga saat ini pembangunannya belum jugo rampung,” kata Samsu Bahri, Selasa (02/04).

Samsu menjelaskan, pembangunan Pamsimas tersebut rencana awalnya untuk penggalian pipa sepanjang 1000 meter. Namun, saat ini yang baru selesai dikerjaan baru 200 meter dan pekerjaan dihentikan.

“Iyo, baru tepasang 200 meter pipanyo. Dak tau lah app sebabnyo mungkin stop batas itulah,” sebutnya.

Selain pengerjaan penggalian pipa yang tidak dilanjutkan, Samsu juga mengatakan, bak penampungannya air sudah mengalami kebocoran dan bangunannya juga goyang.

“Dak taulah kami masyarakat awam ni apo sebabnya. Apokah bangunan tersebut hanya dibangun sebatas itu, atau dananyo habis atau belum turun kami jugo dak paham. Yang jelas saat ini pengerjaannyo stop,” ungkapnya.

Masyarakat sangat berharap bangunan tersebut dapat diselesaikan secepatnya, karna masyarkat sangat membutuhkan mamfaatnya.

“Kami masyarakat ni, sangat berharap nian dapat merasakan manfaat dari pembangunan PAMSIMAS tersebut,” harapnya.

“Masa iyo, dana segitu besak masyarakat dak dapat merasakan nikmatnyo. Dak mungkin dana sebesar itu hasil dari pembangunannyo cuma sebatas itu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pembangunan Pamsimas ini merupakan program dari Pemerintah Kabupaten. Adapun anggaran pembiayaan program Pemerintah ini bersumber dari APBN, APBDes, IN CASH dan IN KIND dengan rincian dana. APBN Rp. 238.000.000,- APBDes Rp. 34.000.000,- IN CASH Rp. 13.600.000,- IN KIND Rp. 54.400.000,- dengan jumlah total keseluruhan Rp. 340.000.000,-.(riz)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: