Bantuan Rastra Diubah Secara Non Tunai

0
Ilustrasi Cadangan Beras Bulog. Foto: Istimewa

Seru Jambi, Muarabulian – Saat ini, Kabupaten Batanghari masih menerapkan bantuan sosial (Bansos) berupa rastra melalui Dinas Sosial untuk masyarakat kategori miskin.

BACA JUGA: SAH! Sofia Joesoef Pimpin DPD PAN Batanghari

Namun ada perubahan dipertengahan tahun 2019 mendatang, dimana pada bulan Juni 2019 nanti penerima bantuan rastra tidak menerima beras secara tunai lagi, akan tetapi bantuan tersebut disalurkan secara non tunai.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Batanghari, Fauzan kepada awak media.

“Iya, Juni besok kita upayakan penyaluran ini secara non tunai. Jadi bukan rastra lagi, akan tetapi Bantuan pangan non tunai (BPNT),” kata Kepala Dinsos Batanghari, Fauzan.

Dijelaskannya, sistem ini telah lama diwacanakan. Yang mana ini telah dibicarakan pada saat rapat dengan pihak Kementrian Sosial di Jakarta tahun 2018 lalu.

“Sewaktu saya rapat dengan kementrian sosial, bahwasanya akan menerapkan sistem penyaluran secara non tunai,” ujarnya.

Untuk sistem penyaluran sendiri nantinya penerima dibekali dengan kartu saja.

“Jadi penerima bantuan akan memiliki card/ kartu sebagai alat tukarnya nanti,” imbuhnya.

Untuk itu sangat dibutuhkan data yang valid agar penerima bantuan tepat sasaran.

“Kita sangat membutuhkan data yang valid. Jadi penerima sesuai kriteria penerima bantuan, melalui musyawarah desa (Musdes atau musyawarah kelurahan (Muskel),” ujarnya.

Dikatakannya, penukaran bantuan tersebut melalui warung- warung. Namun bukan sembarang warung saja, warung tersebut memang dibentuk melalui kelompok penerima bantuan.

“Jadi nanti ada kelompok juga, kemudian kelompok membentuk warung. Warung tersebut ada kerja sama langsung dengan pihak Bulog. Disana akan disediakan beras, minyak dan telur, E- warung jadinya. Penerima hanya membawa kartu itu saja, dapat menukarnya diwarung itu,” tambahnya.

Dirinya memperidiksi, melalui sistem penyaluran ini akan menimbulkan dampak positif nantinya. Dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam hal ini perputaran ekonomi.

BACA JUGA: Lagi, Polisi Amankan 4 PSK di Sungai Bahar

Untuk diketahui, ada empat kabupaten/kota yang telah menerapkan sistem BPNT tersebut. Diantaranya Kota Jambi, Sungai Penuh, Kerinci dan Bungo. (riz)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: