Belasan Orang Terlantar Dipulangkan Dinsos Batanghari

0
Ilustrasi anak jalanan. (Ist)
Ilustrasi anak jalanan. (Ist)

Seru Jambi, Muarabulian – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Batanghari memulangkan belasan orang terlantar hasil razia, beberapa waktu lalu.

BACA JUGAHead to Head, BPN Usulkan Debat Jokowi dan Prabowo ala Tarung…

Pemulangan Anak Jalanan (Anjal) ini merupakan upaya penting dalam rangka menyadarkan agar mereka tak lagi turun ke jalan-jalan dan membuat resah masyarakat.

“Semuanya berjumlah 14 orang. Orang terlantar ini, kita pulangkan ke keluarga mereka masing-masing. Mereka merupakan hasil giat selama 2018,” kata Kabid Pemberdayaan dan Rehabilitasi Sosial, Batanghari, Srimarta Puriana.

Dikatakannya, sebelum dipulangkan belasan anjal tersebut didata dan diberi nasehat agar tidak kembali lagi. Para anjal berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, sehingga penanganannya pun beragam.

“Orang terlantar akan dikebalikan ke pihak keluarga. Kebanyakan orang terlantar disebabkan tidak dapat perhatian keluarga,” sebutnya.

Dijelaskannya, masalah orang terlantar termasuk dalam penanganan sosial yang harus segera ditangani. Khusus anak jalanan dan orang terlantar umumnya dari luar Kabupaten Batanghari, seperti pulau Jawa.

“Kebanyakan dari luar Kabupaten Batanghari. Kita juga buka grup yang menghubungan dengan dinas sosial Batanghari dengan daerah lain. Sehingga, setelah didata dan diketahui identitasnya, langsung kita kontak dinas sosial daerah tersebut. Selanjutnya kita pulangkan,” terangnya.

“Hanya saja, di Batanghari belum memiliki rehabilitasi. Sehingga Anjal dan orang terlantar tidak bisa dilakukan pembinaan atau pembekalan ketrampilan. Panti rehabilitasi adanya di Jambi,” tambahnya.

Selain orang terlantar, lanjutnya, dinas sosial juga mengurus penemuan mayat orang terlantar dan merehabilitasi 2 orang dengan gangguan jiwa.

BACA JUGASelain dengan Ayahnya, PR Dipaksa Suami Rekam Hubungan Intim dengan…

“Untuk orang dengan gangguan jiwa, dirawat di RSJ sampai sembuh. Biaya pengobatan ditanggung pemerintah. Ini bagi warga yang memiliki BPJS arau jamkesda provinsi,” pungkasnya.(riz/yua)

Loading Facebook Comments ...
loading...