Berkunjung ke Batanghari, TNI Siap Bantu Pencegahan Karhutla

0

Seru Jambi, Muarabulian – Danrem 042 Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudi, menyatakan TNI siap membantu Pemkab dan masyarakat Batanghari dalam mengatasi dan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal tersebut disampaikan ketika ia melakukanab kunjungan ke kabupaten Batanghari pada Selasa (12/2/2019). Kunjungan Ini, merupakan kunjungan kerja pertamanya di Bumi Serentak Bak Regam pasca serah terima jabatan beberapa waktu lalu.

“Kedatangan saya untuk silaturahmi. Mungkin ada yang bertanya kenapa Danrem 042 Gapu diganti lagi. Organisasi militer sangat dinamis, baru diganti sudah diganti lagi,” kata Danrem 042 Gapu Arh Elphis Rudi.

Danrem dan rombongan tiba di Rumah Dinas Bupati Batanghari, Syahirsah, sekitar pukul 10.00 WIB. Danrem disambut oleh Bupati Syahirsah dan Unsur Forkopimda Kabupaten Batanghari.

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan, siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Batanghari. Satu diantaranya yakni program pencegahan Karhutla. Pasalnya, Jambi pernah menjadi pengekspor asap beberapa waktu lalu.

“Ini akan saya jadikan prioritas. Bagi saya kalau sudah memadamkan, kita sudah bekerja keras. Bencana tak bisa dihindarkan, tapi kalau terkait kebakaran hutan dan lahan, ada yang menyulut api secara sengaja atau tidak,” jelasnya

Menurut Danrem ada dua kelemahan dalam penanganan Karhutla, yaitu deteksi dan cegah dini yang sangat kurang. Lalu, perlengkapan pemadaman saat kebakaran yang minim.

“Itu yang saya pelajari dalam pengalaman penanganan Karhutla yang sebelumnya. Kelemahannya ya dua ini. Intinya disitu,” ucapnya.

Bupati Batanghari Syahirsah SY, mengapresiasi dukungan TNI, khususnya Korem 042/Garuda Putih, telah melaksanakan peran dan fungsi teritorialnya.

“Kerja sama yang dilakukan pemerintah Kabupaten Batanghari dan Danrem 042 Garuda Putih berjalan baik dan memberi manfaat bagi pembangunan Kabupaten Batanghari,” tandasnya.(riz/yua)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: