BPJS Kesehatan Jambi Stop Kerjasama dengan Tiga Rumah Sakit Ini

0
Klinik Mata Kambang
Klinik Mata Kambang. (Dok/Serujambi.com)

SERUJAMBI.COM, Jambi – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jambi stop kerjasama dengan Rumah Sakit (RS) Royal Prima Jambi, RS Mayang Medical Center dan RS Umum Kambang. Hal itu terbukti dengan dikeluarkannya surat edaran terkait dengan tidak diperpanjangnya perjanjian kerjasama pada Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

BACA JUGA: Tragis, Kakek Nenek Tewas Terpanggang di Ruko Cipulir

Dikatakan Kepala Cabang Jambi BPJS Kesehatan Elshe Theresia selain tiga RS tersebut, ada juga satu klinik yang di stop yakni Klinik Mata Kambang. Ia menerangkan, penyetopan kerjasama itu berdasarkan keputusan dua belah pihak untuh di tahun 2019.

“Tidak memperpanjang itu dalam rangka untuk perbaikan dan evaluasi di internal masing-masing pihak, baik BPJS Kesehatan Cabang Jambi ataupun pihak RSnya. Namun jika nanti mereka memiliki keinginan untuk memperpanjang silahkan saja,” ujarnya.

Untuk diketahui, didalam surat edaran, sehubungan dengan hak dan kewajiban antara BPJS Kesehatan Cabang Jambi dengan FKRTL tercantum dalam perjanjian kerjasama tahun 2018 bahwa beberapa hak dan kewajiban tersebut masih melekat pada kedua belah pihak.

Diantaranya, penyelesaian klaim pending baik rawat inap maupun rawat jalan yang belum tuntas diharapkan agar segera diajukan oleh FKRTL kepada BPJS Kesehatan Cabang Jambi sebelum tanggal 31 Januari 2018.

BPJS Kesehatan akan tetap melakukanm verifikasi dan pembayaran terhadap klaim pending pada poin 1a diatas dan terhadap klaim bulan pelayanan Desember 2018. Kemudian, terhadap hasil audit klaim oleh kedua belah pihak ataupun oleh auditor eksternal, tetap akan menjadi komitmen dan tanggungjawab bersama antara BPJS Kesehatan Cabang Jambi dengan FKRTL.

Untuk alur penjamin pelayanan kesehatan di FKRTL, kata Elshe, sejak tanggal 01 Januari 2019 ini seperti pelayanan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) di poli rawat jalan bagi peserta JKN-KIS tidak dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan Cabang Jambi. “Pelayanan Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) dibangsal rawat inap bagi peserta JKN-KIS juga tidak dapat dijamin BPJS Kesehatan Cabang Jambi,”sebutnya.

BACA JUGA: Fadli Zon Tuding Jokowi Kebanyakan Baca Komik Doraemon dan Shinchan

Sedangkan untuk pelayanan rawat inap dengan tanggal masuk sebelum tanggal 01 Januari 2019 dan pulang ditahun 2019 agar dicetak SEP-nya pada aplikasi Vclaim FKRTL dan segera diajukan klaimnya secara kolektif oleh FKRTL kepada BPJS Cabang Jambi pada bulan berikutnya. (den)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: