BPS: Rokok Penyebab Kemiskinan Tinggi di Pedesaan

0
Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan. Foto: Muslim/Serujambi.com
Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan. Foto: Muslim/Serujambi.com

Seru Jambi, Jambi – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi periode September 2018. Peranan komoditi rokok terhadap Sumbangan Garis Kemiskinan (GK) di Pedesaan capai 13,64 persen dibanding perkotaan hanya sebesar 8,95 persen.

BACA JUGAPulsa Disedot, Pelanggan Telkomsel Grapari Jambi Berang

Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, komoditi masyarakat Jambi dalam kelompok makanan, rokok merupakan komoditi terbesar kedua sesudah beras.

“Jadi rumah tangga yang ada di Provinsi Jambi paling banyak pengeluarannya selain beras adalah untuk rokok,” ujarnya.

Sementara itu, saat ditanyai mengapa pedesaan lebih besar persentasenya, Ia menyampaikan hal tersebut dikarenakan di pedesaan masih sedikitnya macam-macam komoditi kelompok makanan.

“Kalau di kota, komoditi kelompok makanan itu banyak macamnya. Kan apa-apa ada semua di Kota. Kalau di pedesaan komoditi terbatas, maka bagi masyarakat desa beras dan rokok yang dominan besar pengeluran rata-ratanya di banding Kota,” paparnya pada Seru Jambi, Selasa (15/1/2019).

BACA JUGABerkas Mantan Kacab Mersam PDAM Tirta Batanghari Sudah Tahap II

“Walapun uang banyak, kalau komoditi terbatas untuk beli apa, oleh karena itu jika dibandingkan pengeluarannya secara khusus, rokok persentasenya lebih tinggi di Pedesaan dibanding di perkotaan,” tutupnya. (cr07/yua)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: