Jadi Pembicara Simposium Nasional, Safrial Paparkan Rehabilitasi Mangrove

0
Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial memberi materi saat menjadi pembicara dalam acara simposium nasional. Foto: Rolis/Serujambi.com
Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial memberi materi saat menjadi pembicara dalam acara simposium nasional. Foto: Rolis/Serujambi.com

Seru Jambi, Kualatungkal – Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial, diundang menjadi tamu istimewa dengan didaulat menjadi pembicara pada Simposium Nasional Koservasi.

BACA JUGA : Bobol Rumah, Seorang Wanita Ditangkap Polisi

Simpoaium Nasional yang digelar di hotel Damhil, Gorontalo, mengusung tema Reformulasi Kebijakan Menuju Inovasi Tatakelola Sumberdaya Alam Berbasis Konservasi. Sebagai pembicara, Safrial secara lugas memaparkan materi upaya dan langkah rehabilitasi dan koservasi magrove di wilayah Pantai Timur Sumatera.

Menurut Safrial, di Kabupaten Tanjab Barat sendiri, tercantum dalam visi-misi Kabupaten Tanjab Barat salah satunya yakni, menciptakan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Terkait dengan kabupaten konservasi, untuk di Tanjab Barat sendiri hal itu bukan lagi sebatas wacana, namun sudah bergerak maju dengan melakukan kegiatan konservasi, terutama konservasi mangrove.

”Kami sudah melakukan kegiatan penanaman mangrove. Karena keberadaan mangrove, itu bisa menyerap karbon dioksida lebih besar bahkan 20 kali lipat daripada hutan tropis,” kata Bupati Safrial, Senin (28/1/2019).

Safrial menambahkan, penanaman dan rehabilitasi mangrove penting, terutama untuk meningkatkan ekonomi dan sosial masyarakat.

BACA JUGATidak Terima Dipecat, Tumino Gugat PAN Tebo

Selain itu, diperlukan guna menciptakan kondisi memadai bagi mangrove, untuk tumbuh kembali secara alami serta memberikan keuntungan bagi alam dan masyarakat.

”Penanaman mangrove dapat membantu pengkayaan regenerasi alami, jika dilakukan dengan baik juga dapat meningkatkan keamanan pesisir, budaya perairan dan penyerapan karbon,” pungkasnya. (Iis)

Loading Facebook Comments ...
loading...