Jalur mudik Batanghari dilengkapi empat posko pelayanan Lebaran

0
mudik
Rakor Operasi Ketupat 1440 Hijriah Polres Batanghari, Senin (27/5)

Seru Jambi, Muarabulian – Sebanyak empat pos pelayanan dan pos pengamanan mudik Lebaran 2019 akan didirikan di jalur mudik yang melintasi Kabupaten Batanghari, Jambi.

“Pos pelayanan dan pos pengamanan ini akan dijaga oleh personel gabungan, terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, senkom, dan adik-adik Pramuka,” kata Kapolres Batanghari AKBP Moh. Santoso saat Rakor Operasi Ketupat 1440 Hijriah dan Cipta Kondisi Polres Batanghari.

Sebanyak empat pos itu, terdiri atas satu pos pelayanan dan tiga pos pengamanan. Satu pos pelayanan akan didirikan di simpang Bulian Bisnis Center (BBC) Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari, tepatnya di persimpangan jalur mudik arah Palembang-Jambi, Palembang-Sumatra Barat, dan Jambi-Sumatra Barat.

Sebanyak tiga pos pengamanan akan didirikan di SPBU Bajubang Kecamatan Bajubang, Simpang Sungai Buluh, Kecamatan Muarabulian, dan depan Rumah Makan Singgalang Kecamatan Muara Tembesi. Ketiga pos pengamanan tersebut berada di jalan lintas Sumatra.

Ia mengatakan Operasi Ketupat merupakan agenda tahunan, sedangkan pelaksanaan rakor tersebut untuk mempersiapkan Operasi Ketupat 2019 di wilayah hukum Polres Batanghari.

Idul Fitri, katanya, bukan hanya perayaan agama, namun sudah berkembang sebagai tradisi dan budaya Bangsa Indonesia sehingga pelaksanaannya selalu diiringi dengan peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat yang tinggi dan memerlukan pengamanan pihak kepolisian dan pemerintah daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari Bakhtiar mengatakan pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah untuk menciptakan situasi kamtibmas yang mantap, khususnya saat arus mudik dan balik Lebaran.

“Kepada instansi terkait agar dapat terus meningkatkan kesiap-siagaan dalam menghadapi Lebaran tahun ini dengan cara melakukan pengecekan dan perbaikan jalan, terutama pengecekan terhadap rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan,” katanya.

Operasi Ketupat akan dilaksanakan selama 13 hari, mulai 29 Mei sampai dengan 10 Juni 2019, atau H-7 hingga H+7 Lebaran 2019. (riz)

Loading Facebook Comments ...
loading...