Januari, 22 Kasus DBD Ditemukan di Batanghari

0
Ilustrasi DBD
Ilustrasi DBD. (ist)

Seru Jambi, Muarabulian – Hingga penghujung bulan Januari 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batanghari, mencatat sudah 22 kusus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ditemukan.

BACA JUGAOptimalkan PAD, Bakeuda Batanghari Revisi Perbup Pajak Walet

Kepala Dinkes Batanghari, dr Elfi Yennie, mengatakan jumlah ini diprediksi akan terus mengalami peningatan, menginggat Kabupaten Batanghari, telah memasuki musin penghujan.

“Untuk kasus DBD ini hampir merata kita temukan di setiap daerah di Kabupaten Batanghari. Dan kita selalu gencar lakukan pencegahan penyebaran penyakit tersebut,” ungkap Kadinkes Batanghari dr Elfie Yennie.

Disebutkannya, peningkatan penyakit DBD biasa terjadi ketika memasuki musin penghujan. Dan untuk wilayah Batanghari, hal ini sudah terjadi pada bulan Oktober 2018 lalu.

“Ini kita buktikan dengan peningkatan jumlah kasus DBD yang ditemukan mulai bulan tersebut. Dimana Januari 11 kasus, November 45 kasus dan Desember 35 kasus DBD,” ucapnya.

Diakuinya, Kasus DBD di Kabupaten Batanghari dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal ini sepeti yang ditemukan Dinkes Batanghari.

“Tahun 2017 terdapat 67 kasus, meningkat drastis tahun 2018 dengan 159 kasus. Sementara untuk tahun 2019, awal Januari hingga kini sudah terdapat 22 kasus demam berdarah,” bebernya.

Pencegahan terhadap penyebaran penyakit DBD di kabupaten Batanghari khususnya terus dilakukan Dinkes Batanghari. Salah satunya dengan melaksanakan program juru pemantau jentik atau ‘Jumantik’.

“Melalaui program Jumantik yang telah kita lakukan, diharapkan mampu menekan sebaran penyakit DBD karena program ini sasaranya pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah,” ujarnya.

BACA JUGASebulan Terjadi 25 Kasus DBD, Terbanyak di Sungai Gelam

Program Jumantik sendiri telah dilaksanakan di sepuluh Desa/Keluarahan. Untuk sementara, sepuluh desa berada di Kecamatan Muarabulian, di antaranya Desa Petajen, Batin, Mekar Sari Nes, Penerokan.(riz/yua)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: