Kantor Bahasa: Yang Betul ‘Hoaks’ Bukan ‘Hoax’

0
Hoax
Yang Betul 'Hoaks' Bukan 'Hoax'

Seru Jambi, Jambi – Hadirnya istilah hoax atau hoaks didalam dunia daring di zaman modern sekarang, sering memicu kesalahan penulisan oleh masyarakat khususnya para pengguna media online yang tidak sesuai dengan kamus bahasa Indonesia.

BACA JUGA: Bahasa Daerah Bisa Bantu Bahasa Indonesia

Saiful selaku Kepala kantor Bahasa Provinsi Jambi mengklarifikasi istilah tersebut. Ia menyebutkan kata Hoax atau Hoaks tersebut artinya sama dengan kabar bohong.

“Kabar bohong itu dua kata, sedangkan hoax atau hoaks itu satu kata, oleh karena itu kita menyesuaikan dahulu yaitu kata hoax disesuaikan menjadi hoaks agar lebih simpel dibandingkan kabar bohong,” rincinya.

Diterangkannya, bahasa Indonesia masih banyak memiliki kelemahan istilah kata karena istilah tersebut banyak berasal dari asing.

“Misalnya alat-alat elektronik dan teknologi modern kan muncul dari luar Indonesia, jadi kita tidak punya istilah tersebut, makanya kita menyesuaikan penggunaannya ke dalam Bahasa Indonesia,” ungkapnya.

BACA JUGA: Usai Bersetubuh, Idayati Dipukul dan Dilempar ke Sungai

Untuk diketahui, penulisan kabar bohong yang benar itu bukan hoax melainkan hoaks, karena itu yang sudah disesuaikan dengan kaidah Bahasa Indonesia. (cr07/yua)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: