Kota Jambi Salurkan Bantuan Korban Tsunami Rp 500 Juta

0
maulana
Wakil Wali Kota Jambi H Maulana menyerahkan bantuan bagi korban bencana alam tsunami di Lampung Selatan. (Humas Kota Jambi)

Seru Jambi, Jambi – Dalam “Misi Kemanusiaan dari Jambi untuk Serang dan Lampung Selatan” Wali Kota Jambi Dr H.Syarif Fasha bersama Wakil Wali Kota Dr H Maulana menyerahkan bantuan bagi korban tsunami Selat Sunda senilai Rp500 juta.

Fasha menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban tsunami di Kabupaten Serang Banten, sementara Maulana menyerahkan bantuan untuk korban tsunami di Lampung Selatan.

Selain menyerahkan secara langsung bantuan kemanusiaan dari masyarakat Jambi yang sebelumnya telah dihimpun melalui rekening “Kota Jambi Peduli”, Fasha dan Maulana juga menyampaikan rasa duka yang mendalam dari segenap warga Jambi.

Sebelumnya, bertempat di Griya Mayang Kediaman Dinas Wali Kota Jambi, Minggu siang (13/1), Wali Kota Jambi H Syarif Fasha, didampingi oleh Wawako dr. H. Maulana dan Sekda Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M.For. Sc, melepas secara resmi tujuh truk pembawa bantuan kemanusiaan menuju Serang Banten dan Lampung Selatan.

Bantuan material senilai total 500 juta dari donasi yang dihimpun melalui Rekening Dompet Amal “KOTA JAMBI PEDULI” tersebut, diserahkan di dua tempat yang berbeda. Wali Kota Fasha menyerahkan bantuan senilai 235 juta yang langsung diterima oleh Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Kabupaten Serang, Senin (14/1).

Sementara bantuan material senilai Rp265 juta diserahkan oleh Wakil Wali Kota Maulana kepada Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto di Pendopo Bupati, Selasa (15/2).

Bantuan material yang diserahkan adalah terhadap kebutuhan mendesak yang dibutuhkan masyarakat korban terdampak tsunami, setelah sebelumnya dilakukan komunikasi dengan pemerintah daerah setempat. Di Kabupaten Serang, Pemkot menyerahkan bantuan berupa bahan makanan ringan, mie instan, susu, biskuit, kopi dan gula.

Saat penyerahan bantuan di Kabupaten Serang Banten, Bupati Hj Ratu Tatu Chasanah menyampaikan rasa haru dan terima kasihnya atas kepedulian dan solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Kota Jambi kepada masyarakat Serang Banten. Menurutnya, bantuan tersebut memang dibutuhkan dan akan segera didistribusikan kepada masyarakat Kabupaten Serang yang menjadi korban bencana tsunami.

Wali Kota Jambi H Syarif Fasha usai prosesi penyerahan mengungkapkan bahwa, bantuan sosial kemanusiaan Pemerintah Kota Jambi, telah berkontribusi dalam setiap misi kemanusiaan bencana alam di Indonesia.

“Memang setiap ada bencana skala nasional di Indonesia, Pemkot Jambi selalu menggalang dana bantuan dari masyarakat dan ASN Pemkot Jambi. Kami memiliki rekening khusus untuk itu dan sudah berjalan baik. Ini untuk ketiga kalinya setelah bencana alam di NTB dan Palu, kini di Serang Banten dan Lampung Selatan.
Biasanya kami berkomunikasi dahulu dengan pemerintah setempat terkait bantuan apa yang dibutuhkan. Apakah dalam bentuk dana tunai, ataupun barang dan kebutuhan lainnya. Mudahan bantuan ini dapat sedikit meringankan beban para korban bencana dan kami dari Jambi adalah saudara dan keluarga yang turut prihatin akan musibah dan bencana ini,” ujar Wali Kota Fasha.

Sementara di Lampung Selatan, Wakil Wali Kota Maulana, menyerahkan secara langsung bantuan material 500 unit kompor gas beserta selang regulator, pakaian bagi orang dewasa dan anak-anak serta bahan pangan dan makanan cepat saji, bagi korban terdampak bencana alam tsunami di Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Lampung Selatan mengucapkan rasa terima kasih masyarakat Lampung Selatan, atas kepedulian masyakat Kota Jambi terhadap daerah Lampung Selatan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan Kota Jambi yang mana pada pagi hari ini diwakilkan oleh Bapak Wakil Wali Kota, menyampaikan langsung bantuan dari masyarakat Kota Jambi. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat kota Jambi dan seluruh perangkat pemerintahan Kota Jambi, semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat kami,” ujarnya. (esa)

Loading Facebook Comments ...
loading...