Makna Hari Kartini Bagi Sutan Adil Hendra, Inspirasi Kemajuan Wanita Indonesia

0

Seru Jambi, Jambi – Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) mengatakan banyak inspirasi dan sejumlah pelajaran penting dari sosok Kartini untuk diteladani perempuan masa kini. Pernyataan ini disampaikan suami dari Hj. Efi Herawati dalam memaknai hari kelahiran tokoh emansipasi wanita tersebut.

“Mengenang Kartini bukanlah mengenang keningratan darah, tapi mengenang keningratan pikiran dan budi seorang Kartini, yang menginspirasi kemajuan wanita Indonesia,” ungkap SAH di sela – sela perhitungan suara Pemilu 2019 di DPD Partai Gerindra (20/4).

Menurutnya, setidaknya ada empat hal yang penting agar makna Hari Kartini bisa aktual dan relevan.

Pertama, Kartini merupakan seorang yang berpikir maju tentang masa depan, dan itu terjadi karena Kartini sangat kuat mendorong pentingnya pendidikan untuk perempuan. Bagi Kartini, Perempuan adalah pembawa peradaban.

Kedua, Kartini menentang diskriminasi gender yang tumbuh dari cara pandang feodal. Itu berarti perayaan Hari Kartini sama saja dengan merayakan Hari antidiskriminasi gender.

Ketiga, SAH menilai Kartini adalah perempuan yang menulis tentang bangsanya dan tentang kaumnya. Maka itu, Kartini menuli tak bersembunyi dan tak takut, yang harus diaplikasikan perempuan masa kini melalui aktualisasi yang ada saat ini.

Keempat, Kartini wafat tepat empat hari setelah melahirkan. Bila dikaitkan saat ini dimana angka kematian ibu hamil dan melahirkan yang masih tinggi, maka itu bisa sekaligus menginspirasi gerakan memperbaikinya.

Sehingga menurut SAH sosok Kartini merupakan pejuang emansipasi yang dalam kehidupan dan pemikirannya sangat menginspirasi kemajuan wanita Indonesia.

“Selamat hari Kartini, maju wanita Indonesia,” pungkasnya. (esa)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: