Menunjang Pariwisata Berkelanjutan, SAH Minta Peran Generasi Muda Ditingkatkan

0

Seru Jambi, Jambi – Pada tahun 2019 ini, Pariwisata Indonesia ditargetkan berada pada peringkat ke-30 dunia. Menurut Pimpinan Komisi DPR RI yang membidangi pariwisata Sutan Adil Hendra (SAH) mengatakan peningkatan penilaian untuk pilar keberlanjutan lingkungan (environmental sustainability)  perlu ditingkatkan.

Dalam hal ini Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR tersebut menyatakan harus ada keterlibatan sektor publik, swasta, dan masyarakat untuk meningkatkan environmental sustainability melalui ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) yang memasuki tahun kedua.

Pernyataan ini disampaikannya ketika memberi sambutan dalam Workshop Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di Swissbell-Hotel Jambi (5/4) kemarin.

Menurutnya sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan sudah menjadi isu global, dan Indonesia sangat peduli terhadap pengembangan pariwisata yang ramah lingkungan.

“Prinsipnya adalah 3P, yakni People, Planet, Prosperity, atau pemberdayaan masyarakat, kelestarian alam, dan peningkatan kesejahteraan. Prinsip inilah yang menjadi tema ISTA 2018, yakni Kearifan Lokal untuk Pariwisata Berkelanjutan,” ungkap SAH.

Untuk mewujudkan Indonesia menjadi destinasi wisata berkelanjutan kelas dunia, SAH menambahkan, harus melibatkan semua pihak termasuk wisatawan yang berkunjung ke destinasi.

Wisatawan diharapkan tidak sekedar berkunjung ke destinasi, tapi juga terlibat menjaga lingkungan dan budayanya. Generasi muda harus menjadi penggerak semangat demi mewujudkan Indonesia menjadi destinasi wisata berkelanjutan dunia. (*/esa)

Loading Facebook Comments ...
loading...