Microsoft Sebut Bing Telah Pulih di China

0
mesin-pencari-bing
Ilustrasi mesin pencari Bing. [Shutterstock]

Seru Jambi – Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa akses ke mesin pencari Bing di China telah dipulihkan setelah pemadaman.

BACA JUGA: Gempa Guncang Aceh Singkil Sampai ke Sumatera Utara

Perusahaan itu tidak memberikan penjelasan mengapa mesin pencari tidak dapat diakses. Pemadaman itu menimbulkan kekhawatiran bahwa layanan itu mungkin diblokir oleh otoritas China.

Pihak berwenang di China mengoperasikan firewall yang memblokir banyak platform teknologi AS, termasuk Facebook dan Twitter.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa Bing tidak dapat diakses di China, tetapi layanan sekarang dipulihkan,” kata Microsoft dilansir Suara.com–media partner Serujambi.com.

Kelompok pemantau sensor yang berbasis di China GreatFire mengatakan, pemadaman itu tidak mungkin terkait dengan pemerintah.

GreatFire menguji apakah URL dapat diakses di China, dan sejauh mana domain mereka menunjukkan bukti penyensoran. Kelompok itu mengatakan, Bing China di-host di Cina pada server China, yang berarti sudah tunduk pada arahan sensor lokal.

Rezim sensor internet pemerintah, sering dikenal sebagai “Great Firewall”, menggunakan serangkaian langkah-langkah teknis untuk memblokir platform asing dan konten kontroversial.

Pihak berwenang China juga telah menindak Virtual Private Networks, yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi firewall.

Layanan olahpesan dan media sosial yang berbasis di China dibatasi, dengan kata-kata kunci dan ekspresi diblokir jika mereka mengekspresikan perbedaan pendapat atau mengejek para pemimpin politik senior.

Sementara itu, Microsoft terus beroperasi di China, meskipun ketika banyak perusahaan teknologi AS lainnya diblokir atau ditarik.Facebook, Twitter, dan Google semuanya diblokir.

Google mematikan mesin pencariannya di China pada 2010, setelah berselisih dengan pihak berwenang mengenai penyensoran dan peretasan.

BACA JUGA: Beragam Gejala Asma yang Harus Kamu Waspadai

Meskipun begitu, Bing memiliki pangsa pasar kecil di antara mesin pencari di China, di mana Baidu yang tumbuh secara lokal mendominasi pasar. (esa)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: