Pakar Pendidikan UIN Jambi Apresiasi Konsen SAH Terhadap Mutu Pendidikan

0
Pakar Pendidikan UIN
Pakar Pendidikan UIN STS Jambi Dr Iskandar Nazari, S Ag, MPD, M Si

SERUJAMBI.COM, Jambi – Pakar Pendidikan UIN STS Jambi Dr Iskandar Nazari, S Ag, MPD, M Si, memberi apresiasi yang tinggi kepada Sutan Adil Hendra (SAH) sebagai Wakil Rakyat Jambi yang berkiprah tingkat nasional atas perhatian dan konsisten beliau memperjuangkan hak masyarakat Jambi bidang pendidikan khususnya dengan program kucuran dana Beasiswa untuk siswa berprestasi dan siswa kurang mampu.

Menurut Doktor dari UKM Malaysia ini kita menyadari bahwa orang Jambi yang berkiprah di tingkat nasional sangatlah minim dibandingkan dengan provinsi lain, untuk itu kita bangga jika ada putra daerah Jambi yang bekerja nyata untuk daerahnya apapun bendera partainya namun tetap konsisten untuk memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di tingkat nasional.
Bahkan pria asal Sungai Penuh Jambi ini mengatakan kalau diibaratkan musim buah-buahan yang sedang berbuah dan dibutuhkan orang Jambi  tentu harus ada yang “menjuluk” buahnya dan membawa buahnya ke Jambi untuk dapat dinikmati warga Jambi. “Kalau tidak ada orang yang bersusah payah untuk mendapatkan tentu orang Jambi hanya jadi penonton dan program tersebut dibawa ke daerah provinsi lain,” ungkapnya.

“Jadi kami menghimbau bagi orang Jambi yang berkiprah tingkat nasional berpikir dan bekerja nyatalah. InsyaAllah masyarakat Jambi dapat menilai siapa yang ikhlas dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Provinsi Jambi,” tambahnya.

Karena menurut pria yang lama menggeluti dunia penjamin mutu pendidikan Jambi ini berdasarkan undang – undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 menyatakan bahwa  setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Penyelenggaraan pendidikan  tidak sebatas memperoleh pendidikan semata, melainkan memperoleh pendidikan bermutu.

Jadi pendidikan bermutu di Provinsi Jambi merupakan suatu keharusan dan keniscayaan yang harus diwujudkan di Provinsi Jambi ia merupakan investasi sumber daya manusia yang diperlukan untuk mendukung kelangsungan pembangunan dan kehidupan bangsa khususnya di Provinsi Jambi.
Pertanyaannya adalah apakah penyelenggaraan pendidikan di Provinsi Jambi saat ini sudah bermutu?
Dikatakan bermutu tentu harus ada indikator yg dirujuk yaitu tersandar nasional. Secara nasional posisi pendidikan Jambi berdasarkan data BPS 2017 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berada no urut 12 dari 34 Provinsi di Indonesia,  namun dari mutu guru dan proses pembelajaran Pendidikan Provinsi Jambi berada pada no 29 dari 34 provinsi, artinya perlu perhatian serius dari pemerintah Provinsi Jambi dan kabupateten kota se Provinsi Jambi untuk menata pememenuhan standar nasional pendidikan di Provinsi Jambi.
Untuk menata mutu pendidikan Provinsi Jambi Pemerintah daerah perlu bersenergi dengan semua elemen yg terkait yg dapat berkontribusi secara profesional dan porposional sesuai kewenangan.
“Dengan otonomi daerah tentunya Pendidikan Jambi ingin maju dan bermutu tentu terletak di tangan SDM yang ada di Provinsi Jambi. Sinergivitas,  singkronisasi dan konektivitas Pemerintah daerah dengan stakeholder menjadi kata kunci untuk kemajuan pendidikan Provinsi Jambi, khususnya dalam Dirgahayu Provinsi Jambi ke 62 tahun 2019 ini,” tandasnya. (*/esa)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: