Pemilihan BPD di Batanghari Menggunakan Sistim E-Voting

0
Ilustrasi E Voting. (Ist)
Ilustrasi E Voting. (Ist)

Seru Jambi, Muarabulian – 19 desa di Kabupaten Batanghari tetapkan pemilihan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dengan sistim Elektronic-Voting (E-Voting).

BACA JUGADua dari Pelaku Pembobol Rumah di Buluran Masuk DPO

Hal tersebut dibenarkan Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Batanghari Takdirman.

“Iya, sistim pemilihan BPD tersebut berdasarkan hasil dari musyawarah desa, dan 19 desa tersebut menetapkan melakukan pemilihan secara langsung dengan sistim elektronic-voting,” kata Takdirman di Muarabulian, Rabu (6/2/2019).

Dikatakannya, pemilihan BPD tersebut dilakukan dalam dua cara, pertama dilakukan secara langsung oleh masyarakat dengan sistim elektronic voting dan yang kedua dilakukan dengan cara musyawarah keterwakilan yang diwakilkan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat desa setempat.

“Ada 83 desa yang akan melakukan pemilihan anggota BPD didaerah itu. dari 83 desa tersebut 19 desa mentapkan akan melakukan pemilihan BPD dengan sistim e voting, 36 desa akan pemilihan dengan sistim musyawarah perwakilan, serta ada 30 desa yang belum menetapkan sistim pemilihan karena belum melakukan musyawarah desa,” terangnya.

“Yang belum menetapkan sistim pemilihan itu desa yang berada di Kecamatan Muarabulian dan Kecamatan Maro Sebo Ulu,” imbuhnya.

Dikatakannya pula, pemilihan anggota BPD dengan sistim e-voting tersebut akan dilakukan secara serentak bergelombang. Hal tersebut karena keterbatasan peralatan e-voting.

Dinas PMD Batanghari hanya memiliki 22 alat e voting, sementara dalam pelaksanaannya satu desa membutuhkan empat alat e-voting. Pemilihan anggota BPD tersebut akan dimulai pada bulan Maret mendatang.

“Jadwal pemilihan anggota BPD setiap desa berbeda, diseuakan dengan berakhirnya masa jabatan anggota BPD di setiap desa. Pemilihan tersebut dilakukan minimal satu bulan sebelum masa jabatan anggota BPD sebelumnya berakhir,” sebutnya.

Dijelaskannya, 19 desa yang akan melakukan pemilihan anggota BPD dengan sistim e-voting tersebut diantaranya Desa Petajen, Sungkai, Batin, Terusan, Danau Embat, Kehidupan Baru, Bukit Sari, Bulian Jaya, Benteng Rendah.

Juga desa Pematang Gadung, Teluk Melintang, Bukit Kemuning, Belanti Jaya, Tapah Sari, Kembang Tanjung, Mersam, Rantau Gedang dan Desa Sengkati Gedang.

BACA JUGALagi, Polres Tebo Tangkap Bandar Sabu di Rimbo Bujang

“Sementara desa-desa di Kecamatan Muara Tembesi dan Kecamatan Pemayung seluruhnya memilih melakukan pemilihan anggota BPD dengan sistim musyawarah perwakilan,” pungkasnya. (riz/yua)

Loading Facebook Comments ...
loading...