Pemkab Batanghari Gelontorkan Rp 120 Milyar untuk Pembangunan

0
Kabid Bina Marga PUPR Batanghari, A Shomad ST. (Ist)
Kabid Bina Marga PUPR Batanghari, A Shomad ST. (Ist)

Seru Jambi, Muarabulian – Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus meningkatkan pembangunan infrastruktur.

BACA JUGAKepres Belum Ditanda Tangani Jokowi, SK Pemberhentian Zumi Zola Terhambat

Betapa tidak di tahun 2019 ini Dinas PUPR khususnya Bidang Bina Marga menggelontorkan ratusan miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Batanghari.

Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Zulkifli ST melalui Kepala Bidang Bina Marga A Shomad ST mengatakan pada 2019 ini Bidang Bina Marga akan meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan maupun jembatan.

“Iya, benar pada tahun 2019 ini kita kembali akan meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan maupun jembatan, sumber dananya ada yang dari APBD maupun Dana Alokasi Khusus (DAK),” ungkap A Shomad, Senin (14/1/2019).

Dikatakannya pula, sedikitnya ada tiga ruas jalan yang dibangun pada tahun ini, yakni jalan Desa Terusan-Desa Ujung Tanjung, kemudian Jalan Desa Tebing Tinggi-Desa Ujung Tanjung, dan Jalan Desa Simpang Pelayangan-Desa Rambutan Masam.

“Ketiga ruas jalan tersebut dibangun menggunakan dana APBD Kabupaten Batanghari, dengan nilai sekitar 10,6 Miliar Rupiah untuk pengerasan,” sebutnya.

Ditambahkannya, di tahun ini juga pihaknya melakukan peningkatan ruas jalan yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Batanghari.

“Untuk peningkatan ruas jalan sebanyak 13 ruas jalan dengan anggaran 39,8 miliar rupiah tersebar di seluruh kecamatan,”ungkapnya.

Tidak hanya itu Bidang Bina Marga juga Melakukan peningkatan jembatan yang tersebar di empat titik.

“Peningkatan jembatan ada 4 titik, 3 Bok Culvert dan 1 jembatan. Untuk jembatan di Desa Kehidupan Baru Maro sebo Ilir, dengan anggaran 6,8 Miliar rupiah, sedangkan Bok Culvert 2,3 miliar rupiah di tiga titik di desa Sungai Ruan, Sungai Hitam Mekar Sari, dan desa Kilangan,” terangnya.

Ditambahkannya pula, tidak hanya menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), bidang Bina Marga juga mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai 31,9 miliar rupiah.

“Untuk DAK akan dibangun satu ruas jalan desa Pompa Air dan desa Bungku dengan estimasi panjang 5,5 KM,” ujarnya.

Dijelaskannya, Bidang Bina Marga Dinas PUPR Batanghari mengalami peningkatan anggaran jika dibandingkan dengan 2018 lalu, di tahun lalu hanya memiliki 75 miliar rupiah

“Ada peningkatan dari tahun sebelumnya, tahun lalu sekitar 75 miliar rupiah sudah termasuk DAK, untuk sekarang sekitar 120 miliar rupiah,”terang Shomad.

Kabid Bina Marga juga mengatakan di tahun 2019 ini semua proyek dilelang terbuka secara umum.

BACA JUGATeka-teki Keberadaan Mobil Plat Merah Sebelum Vanessa Angel Digerebek

“Lelang secara terbuka dan untuk umum,” pungkasnya.(riz/yua)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: