Pemkab Batanghari Genjot Sektor Pajak Rumah Makan

0
Albani
Kasubbid Pemuktahiran Pajak Daerah Lainnya, Albani. Foto: Rizki/Serujambi.com

JAMBISERU.COM, Muarabulian – Dalam rangka peningkatan sektor pajak restoran atau rumah makan Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) melakukan kerja sama dengan Bank 9 Jambi melakukan pemasangan alat Tapping Box pada restoran atau rumah makan.

Kepala Badan Keuangan Daerah M. Azan melalui Kasubbid Pemuktahiran Pajak Daerah Lainnya, Albani mengatakan , alat Tapping Box tersebut dipasang di rumah makan atau restoran yang potensial yang ada di Kabupaten Batanghari.

“Iya, pemasangan alat tersebut merupakan salah satu kegiatan mendukung rencana aksi pencegehan KPK untuk melaksanakan pelaporan pajak secara online,” kata Kasubbid Pemuktahiran Pajak Daerah Lainnya, Albani, Sabtu (07/09).

Dimana kegiatan tersebut, lanjut Arbani, sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 53 Tahun 2019 tentang cara pembayaran dan pelaporan pajak secara elektronik. Sehingga data penjualan yang dilaporkan lebih akurat, karena pajak restoran atau rumah makan dikenakan tarif 10 persen dari penjualan sesuai dengan Perda no 3 tahun 2011.

“Untuk tahap awal ini kita baru memasang pada restoran atau rumah makan potensial, kedepannya kita juga akan memasang pada rumah makan lainnya,” sebutnya.

Selain itu, pihak Bakeuda Batanghari juga menghimbau agar kepada seluruh wajib pajak dan masyarakat bahwa setiap rumah makan dan penginapan ada kewajiban perpajakan sebesar 10 persen dari penjualan.

“Jadi setiap rumah makan dan hotel ada kewajiban perpajakan sebesar 10 persen,” pungkasnya.(riz)

Loading Facebook Comments ...
loading...