Pemprov Gelar ‘Dialog: Kopi Jambi untuk Dunia’

0
Pemprov Gelar 'Dialog: Kopi Jambi untuk Dunia'. Foto: Muslim/Serujambi.com
Pemprov Gelar 'Dialog: Kopi Jambi untuk Dunia'. Foto: Muslim/Serujambi.com

Seru Jambi, Jambi – Pemerintah Provinsi Jambi menyelenggarakan Dialog Kopi Nusantara dengan tema ‘Kopi Jambi Untuk Dunia’ bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Jum’at (11/1/2019).

BACA JUGAMaulia Lestari Ternyata Finalis Putri Indonesia Jambi 2016, Terlibat Prostitusi Mucikari…

Acara tersebut diisi oleh Kepala Disperindag, Drs Ariansyah , Kepala Dinas Perkebunan, Ir Agus Rizal, dan Ketua Tim Advisory Pengembangan Ekonomi BI, Fadhil Nugroho, serta Dewan Kopi Indonesia, Ir Anton Apriyantono. Kemudian juga diundang para komunitas pecinta kopi Jambi.

Menurut Ariansyah, dialog ini bertujuan untuk mendorong sekaligus promosi nilai kopi Jambi ke masyarakat dan dunia.

“Untuk memajukan nilai kopi Jambi, kita harus bersama bersinergi. Selain sawit dan karet, kopi nomor 3 andalan perkebunan provinsi Jambi,” paparnya saat pembukaan acara.

Untuk itu dengan adanya sentral- sentral kopi di Jambi dapat mempromosikan sekaligus meningkatkan kualitas kopi yang ada.

“Untuk itu, petani harus berkelompok dan harus konviden, masalah dana ada koperasi. Jangan tergiur untuk tawaran lain. Harus konviden untuk menjaga pasaran harga kopi jambi dan kualitasnya. Kami selaku pemerintah akan membantu kendala yang dialami petani,” katanya.

Selain itu, Ia mengajak petani kopi juga harus konsisten, yaitu harus punya nilai jual.

“Jangan punya produksi tapi tidak tahu harga jualnya. Tapi alhamdulillah, sekarang petani sudah mulai ada nilai jual sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Dewan Kopi Indonesia, Anton, mengatakan bahwa sekarang permintaan kopi Jambi sudah diekspor sampai keluar negeri.

“Amerika setiap tahun meminta sampai puluhan ton. Tahun 2019 ini saja sudah meminta sebanyak 80 ton produksi Kopi Jambi dan itu langsung lunas dibayar,” jelasnya.

Dikatakan, permintaan dari dalam negeripun juga banyak.

“Ini dikarenakan sudah banyak kedai- kedai kopi yang lahir membutuhkan produksi kopi.” terangnya..

BACA JUGAFinalis Puteri Indonesia Jambi 2016 itu Mahasiswi Unja dan Anggota KNPI…

Untuk diketahui, kedai-kedai kopi khusus di kota Jambi sudah mencapai 49 kedai.(cr07/yua)

Loading Facebook Comments ...
loading...