Penilaian Lomba BBGRM Provinsi Jambi di Desa Pematang Kolim, Sarolangun Masuk 4 Besar Terbaik

0

Seru Jambi, Sarolangun – Penilaian Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi Jambi di Desa Pematang Kolim Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun Rabu (27/3/2019) berjalan lancar.

Penilaian BBGRM dilakukan dalam rangka menjalankan amanah peraturan mentri dalam negeri (Permendagri) nomor 16 tahun 2005 tentang Bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) sesuai visi Nawacita membangun Indonesia dari pinggiran.

“Lomba BBGRM ini dalam rangka menjalankan amanah Permendagri nomor 16 tahun 2005 sasuai Nawa cita membangun Indinesia dari pinggiran”, kata Anizar ketua tim penilai lomba BBGRM tingkat Provinsi Jambi, di kantor kepala desa Pematang Kolim.

Kedatangan Tim Penilai Lomba BBGRM di Desa Pematang Kolim beserta rombongan Pemkab Sarolangun disamhut aparat desa Pematang Kolim dengan baik, tanpak hadir Asisten I Drs H Arief Ampera, ME mewakili Bupati Cek Endra, Pengurus TP PKK Maisyarah Thabroni dan anggota , Camat Pelawan Hudri MPd. I, Kadis PMD Mulyadi, SE dan staf.

Asisten I Drs H Arif Ampera, ME dalam sambutannya membacakan pidato Bupati Cek Endra, memberikan pengarahan terkait lomba BBGRM.

Dalam lomba ini dilakukan penilaian inplementasi nilai-nilai gotong royong sesuai yang terkandung dalam Pancasila, jiwa kerjasama dan saling membantu sesama warga masyarakat.

“Sifat gotong royong sudah dicontohkan nenek moyang kita sebagai nilai luhur bangsa”, ucap Arief Ampera.

Lanjut Arief, Gotong royong dalam era moderen masih bisa diaplikasikan, khususnya di Kabupaten Sarolangun tercermin dalam program P2DK, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mari Kita tingkatkan partisipasi keluarga dalam gotong royong dan berinovasi dalam meningkatkan kesejahteraan,” tambahnya.

Dalam arahannya, Ketua tim Penilai Anizar menyebutkan pihaknya bekerja semaksimal mungkin dalam mensukseskan program BBGRM dalam memupuk nilai nilai kegotong royongan, Ia menyebutkan dari hasil penilaian sudah dapat digambarkan daerah mana yang unggul sebagai peserta lomba terbaik, dan katanya Kabupaten Sarolangun termasuk ke dalam empat besar terbaik.

“Dari hasil penilaian, Kabupaten Sarolangun cukup baik, kami menyatakan cukup baik, dari 11 Kabupaten Kota 1339 desa se Provinsi Jambi, Kabupaten Sarolabgun masuk dalam empat besar, kecamatan pelawan dari 141 kecamatan masuk dalam empat besar dan pematang Kolim dari 1339 desa masuk dalam empat besar,” bebernya.

Ketua tim, Anizar juga mengakui secara umum masih terdapat pelaksanaan administtasi yang kurang di berbagai desa, namun di Pematang Kolim sudah cukup bagus, ” secara umum masih terdapat pelaksanaan administrasi yang kurang di berbagai desa, namun di Desa Pematang Kolim sudah cukup bagus,” jelas Anizar.

Kades Pematang Kolim Usep Surya Mulyana dalam ekspos kegiatan BBGRM memaparkan segala unsur kegiatan yang diperlombakan, Usep berharap dan mengaku optimis desa Pematang Kolim yang dipimpinnya dapat menjadi wakil Kabupaten Sarolangun menjuarai lomba BBGRM tingkat Provinsi Jambi tahun ini.

“Kita berharap dan sangat optimis menjadi pemenang lomba BBGRM tingkat Provinsi tahun 2019 mewakili Kabupaten Sarolangun,” terang Kades yang akrab dipanggil Mang Usep ini.

Kadis PMD Sarolangun Mulyadi memgatakan Lomba BBGRM juga dilaksanakan di tingkat Kabupaten, dan ke depannya Kabupaten Sarolangun menjadi tuan rumah lomba BBGRM tingkat Provinsi Jambi.

“Sebelumnya, lomba BBGRM juga dilaksanakan di tingkat Kabupaten, pada tahun 2020 Kabupaten Sarolangun akan menjadi tuan rumah lomba BBGRM tingkat Provinsi Jambi,” pungkas Mulyadi. (adv/gus)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: