Persija Dipastikan Tanpa 3 Pemain Asing dan Ryuji di Liga Champions Asia

0
Tim persija tengah latihan. (Ist)
Tim persija tengah latihan. (Ist)

Seru Jambi – Persija Jakarta dipastikan tidak akan diperkuat oleh tiga pemain asingnya, serta Ryuji Utomo di kualifikasi Liga Champions Asia 2019. Hal itu karena keempat pemain tersebut belum memiliki International Transfer Certificate (ITC).

BACA JUGASadis! Janda Muda Diperkosa 4 Lelaki, Lantas Dibakar di Atas Kasur

Pasalnya, Konfederasi sepak bola Asia, AFC tidak menyetujui permohonan dispensasi International Transfer Certificate (ITC) untuk pemain Persija Jakarta yang diajukan oleh PSSI.

Dilansir dari laman Suara.com (media partner Serujambi.com), pemain-pemain asing Persija yang tidak bisa tampil merupakan pemain yang baru direkrut. Mereka adalah Bruno Matos, Jakhongir Abdumuminov, dan Vinicius Lopes Laurindo atau yang akrab disapa Neugete.

Sebagai informasi, sesuai regulasi FIFA klub bisa mendaftarkan pemain, jika pemain sudah mendapatkan ITC. Proses ITC berlangsung pada periode jendela transfer pemain.

Untuk kompetisi Liga 1 Indonesia, jendela transfer baru dapat dibuka pada tanggal 15 Februari sampai 9 Mei 2019. Sedangkan pendaftaran terakhir untuk di Liga Champions Asia berakhir pada 21 Januari lalu.

Terkait pelaksanaan Liga Champions Asia dan segala persyaratannya, PSSI baru menerima surat pemberitahuan dari AFC tanggal 23 November 2018 lalu. Karena itu, PSSI berkomunikasi dengan AFC untuk meminta dispensasi ITC pemain Persija dari AFC.

Sebelum berkomunikasi ke AFC, PSSI juga sudah menyampaikan permohonan pembukaan jendela transfer pemain atau TMS ke FIFA, khusus untuk Persija dan PSM. Namun, permohonan ini juga tidak bisa disetujui.

“Kami sudah berupaya maksimal meminta dispensasi dari AFC, namun tidak bisa dipenuhi,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dalam rilis yang diterima suara.com.

Kebijakan penentuan tanggal jendela transfer pemain berkaitan dengan jadwal kompetisi. Untuk musim 2019, PSSI mempertimbangkan bahwa kompetisi Liga 1 dimulai pada awal Mei, setelah hajatan besar pemilihan presiden selesai.

Tisha mengatakan pihaknya sudah menyampaikan hal ini kepada pihak Persija. Tim berjuluk Macan Kemayoran itupun dapat menerima dan memahami kondisi ini dikarenakan untuk menyukseskan Pemilihan Presiden 2019 yang membuat kompetisi harus dimulai 2 pekan setelahnya.

“Kami menghormati agenda nasional Pemilihan Presiden 2019. Karena itu, Liga 1 baru bisa kita putar dua mingggu setelahnya, yakni antara 1-8 Mei 2019,” jelasnya.

BACA JUGATravel Safa Marwa Terjun ke Jurang di Jembatan Liki Atas Solok…

“Dengan demikian, periode jendela transfer pemain yang hanya diperbolehkan berdurasi 84 hari harus disesuaikan dengan waktu kick off, agar 18 Klub Liga 1 dapat mempersiapkan pemain dengan baik,” pungkasnya. (fok)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: