Petani di Kerinci Mengamuk, Sekda: Kita Tidak Bisa Menahan Pasokan Pasar

0
Sekda Provinsi Jambi, M. Dianto. Foto: Muslim/Serujambi.com
Sekda Provinsi Jambi, M. Dianto. Foto: Muslim/Serujambi.com

Seru Jambi, Jambi – Adanya aksi protes petani kerinci yang menaburkan hasil panennya ke jalan, memantik perhatian pemerintah provinsi. Sekda Provinsi Jambi, M Dianto pun angkat bicara.

BACA JUGA: Pejabat Pemprov Diduga Nyambi Jadi Mucikari PSK Online

Menurut Sekda, permasalahan tersebut perlu adannya pembahasan dengan OPD terkait. Apalagi komoditi hasil pertanian yang masuk ke dalam Kerinci juga banyak dari luar daerah, seperti pasokan dari Padang dan Aceh.

“Oleh karena itu, harus adanya satu bahasa antar OPD terkait dengan kelompok petani tersebut. Hasil panen ini, kita pasarkan kemana, kapan kita produksi perhari. Kemudian, jika supleinya lebih maka harganya akan jatuh. Dan itu berlaku hukum ekonomi pasar disana,” terangnya pada awak media, Selasa (29/1/2019)

Saat ditanya apakah pemerintah bisa membatasi pasokan dari luar Jambi?. Sekda menyatakan tidak bisa.

“Tentu kita tidak bisa menahannya, sedangkan pasokan dari luar negeri seperti dari Singapore saja tidak bisa, karena kan sudah ada pasar bebasnya, apalagi kita didalam negeri,” ungkapnya

Selanjutnya, Sekda mengajak agar kedepannya kita lebih memperbaiki dari kualitasnya agar mampu bersaing dengan pasokan dari luar.

BACA JUGA: Harga Anjlok! Petani di Kerinci Buang Kentang dan Sayur ke Jalan Raya

“Untuk itu perlu kita kaji dengan berbagai teknologi pertanian sehingga para konsumen dan pedang tidak lagi membeli dari luar daerah,” tandas Sekda. (lim/iis)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: