Proyek Nyerobot Kabupaten Tetangga, Pengamat Sebut Karena Perencanaan Tak Teliti

0
jalan rigit beton
Rabat beton yang dibangun di wilayah Kabupaten Batanghari. Foto: Doni/Serujambi.com

Seru Jambi, Sengeti – Terkait pembangunan jalan rabat beton dan box culvert yang diduga membangun di wilayah Kabupaten Batanghari, menggunakan dana APBD Muarojambi tahun 2018. Pengamat hukum, Ivan Fauzani Raharja menyebutkan kalau kasus tersebut sampai terjadi dikarenakan perencaan dan pengawasannya kurang teliti.

BACA JUGAVideo Pelaku Pemerkosa Siswi SMP Ditembak Polisi

“Logikanya kan untuk menganggarkan perencanaan APBD itu di wilayah lokasi kabupaten setempat. Berarti jika membangun di luar wilayah Muarojambi, maka itu artinya dari sisi perencanaanya kurang teliti,” sebut Ivan, selaku dosen Fakultas Hukum Tata Negara, Universitas Jambi, Kamis (24/1/2019).

Selain dari sisi perencanaan, menurut Ivan, sisi pengawasannya juga turut menjadi perhatian. Pasalnya, sebelum dilakukan pembangunan, tentu melalui pembahasan di Dewan.

“Dalam hal ini mungkin pembahasan RAPBD-nya oleh dewan juga kurang teliti, kurang jeli, bahwa itu sudah masuk wilayah Kabupaten Batanghari,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ivan membeberkan jika ini benar terjadi masyarakat Muarojambi sangat dirugikan. Karena, anggaran suatu daerah tersebut idealnya digunakan sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat di daerah tersebut.

“Dalam hal ini siapa yang dirugikan? Masyarakat. Harusnya alokasi anggaran itu tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat. Kalau alokasinya sudah kurang tepat, kemudian manfaatnya tidak bisa dinikmati oleh masyarakat kabupaten setempat, artinya ada sesuatu yang perlu diperbaiki segera,” paparnya.

Dijelaskan Ivan, perencaan yang matang dan pengawasan yang optimal sangatlah diperlukan dalam menggunakan anggaran negara.

BACA JUGASatu Kawanan Perampok Alfarmart Ditangkap Tim Gabungan

“Jadi kata orang bijak itu, gagal dalam merencanakan sesuatu berarti anda sudah merencanakan kegagalan itu sendiri,” pungkasnya. (don/yua)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: