Rahima Harap Peran PkKK dapat Dirasakan Masyarakat

0

Seru Jambi, Kerinci – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori mengharapkan peran PKK dapat dirasakan di tengah masyarakat dan dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Harapan tersebut disampaikannya saat melantik Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Kerinci, Dra.Hj.Naili Husna Adi Rozal,M.Pd, di Ruang Pola Kantor Bupati Kerinci, Jum’at (17/05/2019) sore.

Tampak hadir Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Hj Sri Anggunaini, M.Si, Asisten III Sekda Sudirman,SH,MH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Jambi Dra. Lutpiah, Kepala Dinas Perindag Provinsi Jambi Ariansyah,ME, pengurus TP PKK Provinsi Jambi, dan Pengurus Dekranasda Provinsi Jambi, serta para perwakilan OPD Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua TP PKK Provinsi Jambi dan Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, tentang Penunjukan dan Pengangkatan Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Kerinci periode 2019-2024. Rahima pun memimpin pengucapan sumpah jabatan Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Kerinci, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pelantikan dan penyerahan memori jabatan.

Rahima menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua TP PKK Kabupaten Kerinci Hj.Naili Husna Adi Rozal. “Sebenarnya pelantikan ini bisa dilakukan setelah pelantikan bupati, dikarenakan ada beberapa hal, baru sekarang dilantik, kami mohon maaf,” ungkap Rahima.

“Amanah dan kepercayaan yang sangat istimewa dan berat ini hendaknya dapat dijalankan dengan baik secara bersama-sama dengan seluruh unsur. Perkuatlah sinergitas kemitraan dengan OPD, serta rangkul seluruh komponen masyarakat agar beban yang berat ini akan menjadi ringan dan mudah untuk dilaksanakan,” sambung Rahima.

Rahima berharap pelantikan ini bukan sebatas formalitas yang tercantum pada struktur kepengurusan, tetapi TP PKK dapat melakukan inovasi dan kreasi serta memiliki ide-ide cemerlang yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. “Provinsi Jambi masih dihadapkan pada beberapa pekerjaan rumah, antara lain pengurangan rumah tangga miskin, peningkatan kualitas tenaga kerja yang masih didominasi 50% lulusan Sekolah Dasar, penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi, penyebaran TBC, demam berdarah, HIV/AIDS, dan narkoba,” jelas Rahima,

Rahima menyebutkan bahwa dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut diperlukan peran semua pihak baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat termasuk TP PKK Provinsi Jambi dan kabupaten/kota.

“Untuk itu, saya menaruh harapan besar kepada PKK agar dapat terus meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan Kabupaten dan  Provinsi Jambi. Sebagaimana kita ketahui PKK memiliki peran penting dan strategis bagi pembangunan yang memiliki dasa wisma sebagai unit PKK terdepan misalnya turut berperan dan sangat menentukan bagi keberlanjutan berbagai program lainnya,” tuturnya Rahima.

Selain itu, Rahima berpesan kepada ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Kerinci untuk terus meningkatkan peran Dekranasda baik sebagagai motivator, fasilitator, promotor dan edukator bagi pengrajin, serta mitra rumah industri guna mendorong inovasi produksi yang berbasis kearifan lokal namun memiliki daya saing yang tinggi serta membantu memasarkan produk unggulan di tingkat provinsi dan nasiomal,” pungkas Rahima.

Sebelumnya, Bupati Kerinci, Dr. Adi Rozal,M.Si menyampaikan terima kasih atas dilantiknya ketua TPKK Kabupaten Kerinci. “Perlu cepat dilantik karena banyak hal atau program kerja yang harus dilakanakan, diantaranya masih adanya masyarakat kurang gizi, stunting,. Ini perlu bantuan TP PKK untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan gizi masyarakat,” ujar bupati.

“Kabupaten Kerinci sangat membutuhkan perhatian PKK Provinsi Jambi dan bimbingan untuk memajukan PKK Kabupaten Kerinci agar bisa membantu pemerintah daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” sambung Bupati.

Adi Rozal mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Kerinci mempunyai program yang sinergi dengan T PKK yaitu mempersiapkan SDM yang bermoral, berakhlak dan kaya hati, itu semuanya tidak bisa dibangun sendiri oleh pemerintah, harus berkerja sama dengan PKK yang terjun langsung ditengah masyarakat,” ungkap Adi Rozal. (esa)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: