SAH Tegaskan 4 Pilar Kebangsaan Sebagai Jaminan Keberlangsungan NKRI

0
Sutan Adil Hendra
Sutan Adil Hendra

Seru Jambi – Keberadaan (eksistensi) empat pilar kebangsaan merupakan jaminan keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pernyataan ini disampaikan Anggota MPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) ketika melakukan sosialisasi MPR bersama masyarakat di Sungai Betung, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.(1/2)

“Empat pilar kebangsaan tersebut merupakan jaminan keberlangsungan NKRI,” katanya.

Pentingnya peran Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dalam menjamin NKRI ini adalah keniscayaan sejarah, dimana keragaman yang dimiliki Bangsa Indonesia harus ditunjang national building atau nilai – nilai kebangsaan yang di terima semua komponen bangsa.

“Empat pilar itu nilai yang mempersatukan, ideologi yang mewadahi berdirinya NKRI, tanpa nilai yang disepakati, akan membuat Indonesia rentan dari perpecahan,” tegasnya.

Selain itu Anggota Fraksi Gerindra tersebut menambahkan kewajiban MPR adalah menjaga ideologi tersebut secara konsekuen.

“Ketika masyarakat awam bertanya mengapa MPR menjadikan sosialisasi empat pilar kebangsaan sebagai satu keharusan, ibarat tumbuhan empat pilar ini bibit yang harus kita semai secara baik, jika tumbuh dengan baik maka makin kokoh pula semangat kebangsaan yang kita pelihara,” ujarnya.

Acara itu sendiri ditanggapi positif oleh para undangan yang hadir seperti tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda.

Seperti Bapak Idris tokoh masyarakat menyatakan kesadaran akan empat pilar kebangsaan merupakan penunjang utama daya tahan bangsa.

“Daya tahan bangsa itu memang berawal dari ideologi tentang nilai kebersamaan yang dianut masyarakatnya,” tandasnya.

Sehingga acara Sosialisasi MPR menjadi penting untuk terus di tingkatkan. (*/esa)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: