Selama Libur Idul Fitri Puskesmas Rawat Inap dan IGD Tetap Siaga 24 Jam

0
Ilustrasi Klinik. Foto: Istimewa

Seru Jambi, Muarabulian – Selama libur hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah seluruh Puskesmas rawat inap dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap siaga selama 24 jam.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari dr. Elfie Yennie saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan, semua Puskesmas agar tetap buka selama liburan Hari Raya Idul Fitri dengan sistem piket mulai dari tanggal 30 Mei kemarin hingga 9 Juni 2019 mendatang.

“Pemberian pelayanan kesehatan 24 jam terutama di Puskesmas yang dilalui jalur mudik dan balik, atau pun di lokasi tempat wisata, terutama pelayanan unti gawat darurat dan gangguan kesehatan lainnya bagi Puskesmas Bathin, Tenam dan Sungai Puar,” kata Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, dr. Elfie Yennie.

Dinas Kesehatan Batanghari, kata Elfie, juga menugaskan tenaga kesehatan yang berkompeten pada pos pelayanan dan pos pengaman yang berada di wilayah kerja puskesmas atau Kecamatan tepat Puskesmas tersebut berada dari tanggal 29 Mei kemarij hingga 10 Juni 2019.

“Penyiapan dan kesiagaan Publik Safety Center (PSC) selama liburan Hari Raya Idul Fitri dengan selalu bekerjasama dan berkoordinasi dengan lintas sektor terkait,” katanya.

Semua nama-nama petugas posko dan nomor handphone, kata Elfie, dikirim kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari.

“Petugas juga harus memberikan laporan harian suveilens penyakit pada penyelengaraan pelayanan kesehatan selama libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari,” terangnya.

Untuk diketahui, keputusan tersebut, lanjut Elfie, berdasarkan Surat Ederan (SE) Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.02.01/Menkes/292/2019 tentang Penyelengaraan Pelayanan Kesehatan pada Sutuasi Khusus Libur Keagamaan Tahun 2019 dan Tahun baru 2020.

“Dan Surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Nomor S- 1433/DISKES-4.1/N/2019 perihal Pengamanan Libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 H tertanggal 22 Mei 2019 kemarin,” pungkasnya.(riz)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: