Tahun Ini, Kuota Haji Kabupaten Batanghari 145 Orang

0
Ilustrasi jemaah haji. Foto: Istimewa

Seru Jambi, Muarabulian – Kuota jamaah haji Kabupaten Batanghari tahun 2019 sebanyak 145 orang Jamaah Calon Haji (JCH).

JCH yang akan memenuhi kuota jamaah haji tahun 2019 tersebut merupakan JCH yang berasal dari delapan kecamatan di daerah itu. dari delapan kecamatan tersebut, JCH terbanyak berasal dari Kecamatan Muarabulian.

“Belum direkap berapa jumlah JCH perkecamatan, namun JCH terbanyak itu berasal dari Kecamatan Muarabulian,” kata Kasi Haji Kementrian Agama Muarabulian Haris, Kamis (21/2/2019).

JCH yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ditahun 2019 ini merupakan JCH yang telah mendaftar pada delapan tahun yang lalu. Dengan setoran awal sebesar Rp25 juta rupiah. Sementara untuk biaya haji ditahun ini belum di tetapkan oleh pemerintah pusat.

Jika mengacu pada biaya haji tahun sbelumnya, JCH hanya menambah biaya sebesar Rp7 jutaan. Yang mana biaya haji tahun sebelumnya seebsar Rp32 juta lebih.

Jika terdapat JCH yang berhalangan menunaikan ibadah ditahun 2019 ini, maka kementrian agama daerah itu telah mengalokasi kuota cadangan JCH sebanyak tujuh orang.

“Kuota tersebut dapat terpenuhi jika JCH yang di tetapkan berangkat ditahun 2019 berhalangan berangkat, seperti sakit, meninggal dunia dan karena kendala lainnya,” kata Haris.

Terkait pelaksanaan manasik haji, kantor kementrian agama daerah itu memperkirakan pelaksanaan manasik haji akan dilakukan satu bulan sebelum keberangkatan JCH menuju mekkah. Dan untuk paspor JCH tersebut saat ini telah diselesaikan pembuatannya oleh kantor kementerian agama daerah itu.

Ada 127 JCH yang pembuatan paspornya di urus oleh kantor kementrian agama daerah itu. (riz)

Loading Facebook Comments ...
loading...