Tak Semua OPD Bisa Merealisasikan Serapan Anggaran Triwulan Pertama

0
Kepala Badan Keuangan (Bakeuda) Kabupaten Batanghari, M. Azan

Seru Jambi, Muarabulian – Memasuki Triwulan pertama tahun 2019 serapan anggaran di Pemerintah Kabupaten Batanghari belum mencapai target.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Keuangan (Bakeuda) Kabupaten Batanghari, M. Azan mengatakan, penyebab belum tercapainya target serapan anggaran tersebut dikarenakan baru memasuki bulan ketiga di triwulan pertama.

“Target untuk triwulan pertama ini, baik dari belanja, pendapatan dan tahapan daerqh tidak lebih dari 15 persen. Akan tetapi target itu akan berjenjang naik tiap tahunnya,” kata Azan.

Azan menjelaskan, angka kumulatif tahapan yang sudah didapat hingga saat ini untuk belanja daerah baru mencapai 6,75 persen, pendapatan daerah mencapai 8,06 persen dan tahapan daerah sudah mencapai target tahapan. Dari persentase itu, serapan anggaran yang harus tercapai pada triwulan pertama yaitu Rp 300 miliar secara kumulatif untuk semua belanja daerah.

“Dari angkat 6,75 persen belanja daerah sudah terealisasi sebesar Rp 130 miliar sampai bulan kedua di triwulan pertama ini,” jelasnya.

“Hal ini juga sudah kita sampaikan kepada DPRD Batanghari bahwa serapan anggaran pendapatan untuk belanja daerah secara kumulatif sudah mencapai tahapan,” tambahnya.

Azan sendiri mengatakan, tak semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bakal bisa merealisasikan serapan anggarannya. Dikarenakan adanya beberapa kendala.

“Bisa karena kesiapannya tak maksimal kinerjanya, administrasi dan lainnya sehingga serapan dan belanjanya belum maksimal. Ini sudah kita wanti-wanti untuk setiap OPD. Dan bakal terlihat setelah kita menerima laporan hasil kas bulan pertama,” pungkasnya.(riz)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: