Warga Kota Jambi Dukung YLKI Gugat PDAM TM, Terkait Kenaikan Tarif 100 Persen

0
Ketua YLKI Jambi, Ibnu Khaldun MH. Foto: Muslim/Serujambi.com
Ketua YLKI Jambi, Ibnu Khaldun MH. Foto: Muslim/Serujambi.com

Seru Jambi, Jambi – Kisruh di masyarakat terkait kenaikan tarif PDAM Tirta Mayang (PDAM TM) hingga mencapai 100 persen, kini bergulir ke ranah hukum. Sebagian warga Kota Jambi mendukung penuh langkah Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Jambi yang menggugat PDAM TM.

Baca Juga : 16 Pengacara Jambi Kawal Gugatan ke PDAM, YLKI: Pagi Ini Sidang Perdana

Seperti diungkap Deny, warga Simpang Rimbo, Kota Jambi. Menurutnya, gara-gara PDAM TM menaikkan tariff hingga 100 persen, pengeluaran rumah tangga seketika membengkak.

“Jelas merugikan. Mestinya bisa dialokasikan ke BBM, sekarang harus bayar PDAM,” ungkap Deny, kepada Serujambi.com, Kamis (17/1/2019).

Karena itu, ia sangat mendukung langkah YLKI Jambi yang menggugat PDAM TM atas perbuatan melawan hukum tersebut.

“Saya dukung penuh. Kalau perlu, penjarakan bos-bos PDAM, jangan seenaknya mencekik rakyat dengan tariff naik 100 persen. Ini saja sudah kriminal, merampok rakyat,” tegasnya.

Baca Juga : Masalah Kenaikan Tarif Air, Nasir: Berhentikan Dirut PDAM

Terpisah, Hasnah (41), warga yang ditemui di Pasar Aur Duri, juga menyuarakan hal yang sama. Katanya, anggaran rumah tangganya jadi terganggu gara-gara tariff PDAM naik 100 persen.

Begitu diterangkan bahwa YLKI Jambi sudah melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jambi atas kebijakan menaikkan tarif PDAM TM itu, Hasnah langsung semangat.

“Kita dukung apa tadi… (YLKI, red). Pokoknya bagaimana PDAM menurunkan tarifnya, terus orang-orang besar di atas dak sembarangan nyusahi rakyat kecil seperti kami. Mana untuk makan susah, sekarang untuk bayar air juga susah,” tambahnya.

Begitu juga Lis (36). Ibu rumah tangga ini juga menyuarakan dukung terhadap YLKI, pengacara-pengacara dan LSM-LSM yang kompak menggugat PDAM TM atas kenaikan tarif 100 persen.

“Kita senang kalau ada yang membela kepentingan warga. Apalagi menyangkut air, ini kan termasuk kebutuhan pokok dalam keluarga,” ujarnya.

Karena itu, ia mendoakan agar YLKI Jambi dan kawan-kawan bisa menang dalam gugatan di PN Jambi itu.

Baca Juga : Tarif PDAM Naik, Masyarakat Berang

“Kalau hakimnya tidak setuju, hakimnya tak berpihak ke rakyat kecil. Hidup sudah susah, sekarang ditambah susah lagi gara-gara tarif PDAM naik 100 persen. Apa tak cukup menyusahkan rakyat?” tutupnya.(lim)

Loading Facebook Comments ...
loading...