YLKI Ajak Warga Isi Petisi Tolak Kenaikan Tarif PDAM Tirta

0
Ketua YLKI Jambi, Ibnu Khaldun MH. Foto: Muslim/Serujambi.com
Ketua YLKI Jambi, Ibnu Khaldun MH. Foto: Muslim/Serujambi.com

Seru Jambi, Jambi – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Jambi mengajak masyarakat khususnya pelanggan PDAM Tirta Mayang untuk menolak kenaikan tarif air yang akan diberlakukan PDAM Tirta Mayang Jambi, dengan mengisi dan menandatangani tangani petisi.

BACA JUGAMediasi Kisruh PT AAS, Wabup Bantah Pol-PP Usir Wartawan

Ketua YLKI Jambi, Ibnu Khaldun MH, mengatakan, gugatan ini karena semakin meningkatnya keluhan pelanggan di wilayah Kota Jambi setiap harinya, tentang kenaikan tarif yang membebani masyarakat hingga 100 persen.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh masyarakat khususnya pelanggan PDAM Tirta Mayang Jambi yang merasa keberatan dengan kenaikan ini, untuk ikut melaksanakan petisi tanda tangan,” katanya, Kamis (10/1/2019), melalui pers rilis via Whatshapp yang didapat SeruJambi.com

Menurutnya, tuntutan ini dikarenakan banyaknya warga yang memprotes kenaikan tarif air dan pendistribusian air yang tidak lancar. Hal tesebut menjadi alasan YLKI Jambi untuk menggugatnya.

Selain itu, pelanggaran juga diwajibkan membayar 10 kubik (change minimum), dan hal itu sangat memberatkan pelanggan.

Lebih jauh dikatakan, tagihan tersebut harus dibayar pada tepat waktu, jika tidak akan dikenakan denda dan hal itu lumayan besar.

Menurut hukum, kenaikan tarif air bertentangan dengan aturan Perundang- undangan, Peraturan Menteri Dalam Negeri dan Peraturan Daerah yang ada.

“Dalam aturan Permendagri nomor 71, kenaikan tarif tidak boleh lebih dari 4 persen, peraturan daerah nomor 12 tahun 2015, hanya tujuh persen,” paparnya.

Namun, kenyataan di lapangan kenaikan itu melebihi di angka 100 persen. Dan ini melanggar UU nomor 25 tahun 2009.

Sementara itu, Ia menjelaskan bahawa petisi ini adalah semacam gerakan moral sebagai bentuk kritik atau protes kepada PDAM Tirta Mayang Jambi.

“Mudah-mudahan kritik yang kita lakukan semakin didengar dan masyarakat merasakan ada pembelaan yang kami lakukan,” harapnya.

BACA JUGAPolda Jatim Tunjukkan Barang Bukti Kondom dan Celana Dalam Ungu Vanessa…

Untuk diketahui, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Minggu (13/1/2019) bertempat di Tugu Keris Siginjai Kota Jambi. (cr07/yua)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: